Rabu, 01 Mei 2013

Cara Saya Mengatasi Bella Ketika Susah Makan

Artikel mbak Enny (kok sama dengan nama depan mbakyu saya yaa) berjudul  Bila si Kecil Susah Makan menarik perhatian saya karena Bella, anak saya yang baru berumur 4 tahun, kadang sulit makan. Suasana kadang mirip pertempuran 10 Nopember ketika acara makan tiba. Mbah Kung suka menunjukkan wajah masam (ha ha ha ha) jika Bella berteriak atau menangis ketika makan.

Beberapa tips mbak Enny yang sudah dan belum saya terapkan adalah:


1. Coba sajikan makanan dalam porsi kecil.


Tip ini memang benar, anak-anak bukanlah orang dewasa dalam ukuran kecil. Anak-anak ya anak-anak.  Dengan demikian maka pemberian makan harus disesuaikan dengan organ tubuhnya. Sayapun memberi makan Bella dengan porsi yang pas.
--> -->


2. Variasi makanan.

Bella paling suka dengan ayam goreng, namun saya (dibantu Mbah Uti) juga memberikan makanan yang beraneka ragam misalnya ayam bumbu kecap atau semur ayam.

3. Sajikan dengan menarik.

Terus terang saya jarang menyajikan makanan dalam aneka bentuk yang aneh-aneh. Masih gaya tradisional wal convensional saja sih. Akan saya coba deh jika ada waktu senggang he he he.


4. Jadikan saat makan menyenangkan.

Bella kadang lucu. Tiba-tiba dia bilang:"Ma, minta makan". Nah lho, kayaknya dia kelaparan akibat maknya asyik BBM an. tapi kalau sudah begini pasti dia lahap banget sehingga tak terjadi hura-hara.

5. Makan teratur.

Ini juga saya juga agar Bella makannya teratur sejak sarapan, makan siang dan makan malamnya. Walaupun jamnya kadang maju-mundur tetapi makan tetap 3 kali.

6. Beri cemilan sehat.

Kata mbahKung, Bella mirip bola bekel sehingga gerakannya kesana-kemari membuat seiisi rumah harus waspada ha he he he. Kadang naik ke atas mengunjungi mbahKung dan mbahUti. Nggak lama kemudian minta turun. Cemilan selalu tersedia. Saat ini dia lagi suka makan roti tawar dengan olesan mentega dan meisi coklat. MbahKung sering ketiban sampur karena Bella suka minta roti tawar persediaan mbahKung di lantai atas. Bella juga suka makan bakpao kalau pagi, coklat juga hobi. Es krim merupakan favorit dia. Coklat dan es krim inilah yang menyebabkan Bella agak sulit makan nasi, jadi harus dipaksa sedikit.


7. Hindarkan gaya memaksa dan mengancam dalam membujuk anak. 


Saya sebenarnya gak tega membentak Bella, tapi si bola bekel ini suka lari kesana-kemari sambil makan. termasuk nonton TV dan main sepeda roda tiganya. MbahKung suka mengingatkan:"Itu kan cermin masa lalu mu yang susah makan"

8. Libatkanlah anak anda untuk menyiapkan makanan.

Ini tip yang bagus namun belum pernah saya praktekkan. Kalau mbah Uti sedang masak memang Bella suka ikut nimbrung di dapur sih.Jika Bella dilibatkan menyiapkan makanan takut malah berantakan.

9. Hindari memberi iming-iming makanan penutup sebagai hadiah.
Saya tak pernah memberi iming-iming sih tapi Bella kan begitu. Kalau lihat es krim langsung bringas. 



10. Batasi pemberian minuman di sela-sela waktu makan.

Bella termasuk anak yang hobi minum, terutama air putih. Begitu makan 2-3 suap langsung minta minum air putih. Demikian pula jika ikut makan bersama MbahKung di luar, es teh selalu diincarnya.

.

Tentang Blog Pelangi
Karena saya newbie maka blog mbak Enny di mata saya sudah cukup bagus. Namun demikian ada beberapa saran yang ingin saya sampaikan. Bukan saya sok jago lho tapi asli dari kacamata saya saja.

1. Latar belakang untuk bidang artikel berwarna biru sebenarnya kurang saya sukai karena tulisan menjadi kurang menonjol. Menurut saya background artikel lebih sip jika berwarna terang, putih.

2. Ukuran font juga kecil, sebaiknya menggunakan ukuran nnormal dengan jenis font Verdana atau Tahoma agar tampak agak besar.

3. Sidebar terlalu panjang karena banyak widget dan banner yang berukuran besar.
-Fan page berisi aneka artikel sebaiknya dihilangkan, cukup banner Like Facebook saja karena mereka bisa melihat isinya di akun facebook
4. Headernya kurag gagah mbak. Mungkin perlu diupdate lagi dengan jenis font lain untuk judul blog dan deskripsinya.





.

..
Artikel ini diikut sertakan pada  Yuuk ikutan 2nd Giveaway Enny Mamito 

2 komentar:

  1. trimakasih mb Sandy sdh ikutan Gaku..

    Terdaftar :)

    BalasHapus
  2. loh? ini blognya pakdhe juga tih?
    banyak amat sih blognya???

    emang juragan blog nih pakdhe -_-

    BalasHapus

Komentar sahabat merupakan sumber semangat saya