Rabu, 01 Mei 2013

Cara Menyiapkan Makanan Sehat Untuk Balita

Eyang pernah bilang bahwa cara menyiapkan makanan sehat untuk balita jaman dulu agak aneh termasuk prosesi menyuapkan makanan tersebut kepada si bayi. "Nasi dan pisang diaduk sehingga lembut. Bayi ditidurkan di paha ibu lalu nasi bercampur pisang tadi di jejalkan ke mulut bayi. Biasanya bayi akan menangis namun kami tak peduli karena semakin keras bayi menangis maka semakin mudah nasi masuk ke mulutnya," begitu kata eyang. Menurutnya model menyuapi bayi seperti itu sudah tidak ada lagi karena kaum wanita sudah memiliki pengetahuan yang baik tentang cara menyiapkan makanan dan menyuapi bayinya.

Terus terang saya lebih suka membeli bahan makanan kemudian mengolahnya sendiri agar makanan untuk anak lebih sehat. Memang saya harus banyak belajar agar lebih kreatif untuk memastikan bahwa Bella mendapat makanan yang baik dan bergizi. Dari beberapa buku yang saya baca ada beberapa cara menyiapkan makanan sehat untuk balita antara lain sebagai berikut.
.
1. Menumbuk buah-buahan sehingga halus kemudian dicampur dengan makanan biasa. Hal ini untuk  memperingan tugas sistem pencernaan balita. Selain itu juga mengatasi balita yang masih sulit untuk mengunyah. Ini tampaknya senada dengan apa yang dilakukan oleh kaum wanita jaman dulu yaitu melembutkan pisang dan kemudian dicampur dengan nasi lembut.

2. Mencampur makanan dengan sesuatu yang manis. Jangan heran, sesuatu yang manis di sini bukan semacam gula, dodol, atau jenang lho. Makanan manis misalnya yoghurt. Namu harus dipilih yoghurt yang sehat yang banyak dijual di toko atau membeli yoghurt lokal buatan para petani/peternak sapi perah.

3. Kaum ibu juga bisa membuat makanan bayi dengan cara melembutkannya menggunakan blender. Cara ini juga memudahkan balita untuk mencerna makanan. Anda juga dapat menggunakan blender untuk membuat beberapa jus alami. Untuk pertumbuhannya balita membutuhkan banyak vitamin C. Namun, beberapa balita mungkin tidak suka rasa jeruk utuh. Buah jeruk utuh mungkin ada yang terasa pahit untuk mereka. Oleh karena itu perlu membuat jus buah. Pastikan bahwa nutrisi tidak hilang saat pembuatannya.

4. Banyak ibu rumah tangga yang pandai berkreasi dengan bahan roti. Rotinya bia dibeli ditoko kemudian diolah lagi sehingga menjadi makanan sehat untuk balita. Tak sedikit dari mereka yang membuat milk shake. Jika makanan sehat memiliki rasa hambar, Anda dapat mencoba untuk mencampurnya dengan sedikit madu untuk memberikan rasa manis. Cobalah untuk bereksperimen resep yang berbeda dari makanan sehat untuk melayani balita Anda. Dengan kemajuan teknologi Anda bisa mendapatkan aneka resep makanan sehat di website atau blog.

Sebagai seorang ibu Anda dapat mencari dan menemukan cara menyiapkan  makanan sehat untuk balita. Cobalah mencampur bahan yang ada untuk membuat beberapa variasi makanan yang disukai anak-anak.

2 komentar:

  1. yang baik adalah memang membuat makanan sendiri. memang ribet, tapi menyehatkan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar Mbak. Makanan buatan sendiri lebih sehat karena kita yang mencari bahan dan mengolah makanannya.
      Terima kasih

      Hapus

Komentar sahabat merupakan sumber semangat saya